Kamis, 16 Oktober 2014



“Martabak TOP-PING!!!”




Usaha adalah suatu bentuk kegiatan yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang menjadi lebih baik lagi. Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti sistem retail atau membuat brand sendiri.
            Dewasa ini, tentu semakin banyak persaingan dalam bidang kewirausahaan. Dalam hal ini kami membuka kedai martabak dengan menawarkan berbagai macam topping hingga aneka martabak yaitu martabak hijau yang berbahan dasar dari ekstrak daun pandan alami serta martabak berbahan dasar ketan hitam.
            Kedai martabak yang kami tawarkan jelas berbeda dengan kedai martabak yang sudah ada. Selain menyediakan beraneka ragam topping yang sesuai keinginan pelanggan, kami juga akan membuka kedai kami mulai dari jam 10 pagi hingga jam 12 malam. Karena yang telah banyak kita ketahui kedai martabak yang lain hanya buka saat malam hari saja sehingga apabila kita ingin makan martabak siang hari tentu akan sulit mencari kedai martabak yang sudah dibuka.
           
            Peluang usaha ini kami ambil karena banyaknya keluh kesah pencinta martabak yang menginginkan kedai martabak yang selalu ada kapan pun tidak hanya di malam hari saja. “Martabak TOP-PING!!!” berusaha mengambil peluang dan kesempatan yang ada. Dengan harapan dapat memuaskan lidah para pencinta martabak, sehingga pelanggan tidak bosan-bosan untuk datang dan membeli martabak di kedai kami.
           

1.1            Tujuan Usaha
Usaha “Martabak TOP-PING!!!” ini bertujuan untuk menyediakan menu martabak yang dapat memanjakan lidah pecinta martabak. Selain itu usaha ini dapat dijadikan investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan.


1.2            Visi Usaha
“Memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen supaya tetap dicintai dan diminati untuk dikonsumsi”.

1.3            Misi Usaha
*               Dapat melayani keinginan pelanggan sesuai dengan yang mereka harapkan.
*               Memberikan kualitas yang terbaik.
*               Menyediakan fasilitas yang memadai demi kenyaman pelanggan.


2.1            Profil Usaha
Nama Usaha         :       Martabak TOP-PING!!!
Jenis Usaha          :       Kuliner
Alamat Usaha       :       Jalan Taman Palem Residen, Jakarta Barat
Telepon                :       (021)9246-9308

2.2            Strategi Pemasaran
Martabak ini akan dipasarkan melalui jalur darat dan udara.
a)     Strategi pemasaran Martabak TOP-PING!!! Melalui jalur darat akan dilakukan dengan :
·         Komunikasi dari mulut ke mulut, bentuk promosi ini dapat dikatakan tidak mengeluarkan biaya  karena kita cukup mengkomunikasikannya pada sahabat, teman, serta saudara-saudara. Selain itu, konsumen yang tertarik pada produk kita secara tidak langsung akan mempromosikan keunggulan produk kita pada orang lain sehingga banyak orang penasaran dan ingin mencoba.
·         Dengan menyebarkan brosur dan membuat poster, media ini dapat mengkomunikasikan tentang produk yang kami tawarkan karena dapat disebarluaskan kepada masyarakat dengan mudah.
·         Memberikan potongan harga pada awal pembukaan kedai dan hari besar tertentu. (Contohnya : apabila ada pelanggan yang ulang tahun, kedai kami akan memberikan free martabak).

b)     Strategi pemasaran Martabak TOP-PING!!! Melalui jalur udara akan dilakukan dengan :
·         Kami akan memasarkan produk ini pada media sosial dan media online yang meliputi : twitter, iklan facebook, dan web kedai kami.

2.3            Analisis SWOT

Adapun analisis SWOT pada perencanaan usaha “Martabak TOPPING!!!” yaitu :
Strength (Kekuatan)
·            Penyajian martabak ini sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya.
·            Harga martabak berbagai topping sangat terjangkau sehingga dapat mencakup semua kalangan yang membelinya.
·            Kami selalu mengutamakan kebersihan dalam penyajian martabak.
·           Karena martabak ini menyediakan berbagai topping sehingga memudahkan konsumen dalam memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
·            Konsep kedai kami yang santai dan hangat serta dilengkapi dengan free wi-fi.
Weakness (Kelemahan)
·            Faktor tempat juga mempegaruhi kelancaran usaha ini, karena apabila tempatnya tidak strategis maka permintaan akan sedikit.
·            Kenaikan dari harga bahan-bahan juga dapat mengurangi pendapatan karena secara tidak langsung harga penjualan akan ada kenaikan.

Opportunities (Peluang/Kesempatan)
·            Melihat sedikitnya kedai martabak yang buka di siang hari sehingga kami memutuskan membuka kedai martabak pada siang hari demi memuaskan keinginan pelanggan pecinta martabak.
·            Sebagian penjual martabak yang ada biasanya hanya menawarkan rasa coklat, keju ataupun ketan. Akan tetapi kedai kami menawarkan berbagai topping seperti : choco chip, jagung manis, durian, coklat leleh, blueberry dan lain-lain. Selain itu kami juga menawarkan martabak pandan dan martabak ketan hitam.

Threats (Ancaman)
Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi makan yang berbeda dari yang lalin, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen tidak memuaskan maka konsumen pun akan kecewa dan tidak datang ke kedai kami lagi. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada seluruh konsumen kami. Kualitas produk, kebersihan tempat serta pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
2.4            Rencana Usaha
Adapun rencana jangka pendek dan jangka panjang pada usaha martabak kami yaitu:
1)           Rencana Jangka Pendek
Martabak TOP-PING!!! ini akan terus mengadakan promosi menarik bagi konsumen dalam rangka mengambil hati dan kepercayaan pada produk yang kami tawarkan.
2)           Rencana Jangka Panjang
Setelah dapat menarik hati konsumen dan terjadi peningkatan penjualan, kami akan membuka cabang-cabang sehingga dapat dijangkau konsumen di berbagai daerah.

2.5            Analisis Pasar dan Pemasaran
§    Target Pasar
Lokasi usaha kami berada di tempat strategis dan sering dilalui oleh berbagai lapisan masyarakat.
§    Pesaing
Seiring berjalannya waktu maka akan bermunculan pesaing usaha sejenis, sehingga diperlukan kekonsistenan pada usaha kami supaya konsumen dapat selalu mempercayakan produk kami.
§    Sasaran Pembeli
Sasaran pembeli mencakup semua usia, dewasa, lansia dan anak-anak. Masyarakat kalangan menengah dan kalangan atas karena produk kami ditawarkan dengan harga yang terjangkau berkisar Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000 tergantung topping yang dipilih konsumen.

2.6            Cara Pembuatan MARTABAK TOP-PING!!!
Bahan-bahan yang diperlukan :
·                     500 gram tepung terigu
·                     600ml air
·                     1 sendok makan margarine cair
·                     2 butir telur, dikocok lepas
·                     125 gram gula pasir manis
·                     ½ sendok the ragi instan
·                     1 sendok teh baking powder
·                     ¼ sendok teh pasta vanili
·                     ½ sendok teh garam

Cara membuat martabak manis :
1.                     Pertama campurkan terigu, gula pasir, ragi instant, garam, telur, margarine cair dan pasta vanili.
2.                     Lalu tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi sambil diaduk hingga tercampur merata.
3.                     Kemudian kocok adonan dengan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang selama 5 menit.
4.                     Masukkan baking powder, aduk hingga rata.
5.                     Diamkan adonan selama 40 menit di dalam wadah tertutup.

Cara memasak martabak manis :
1.                     Panaskan wajan dengan diolesi sedikit margarine supaya tidak lengket.
2.                     Tuangkan adonan kedalam wajan lalu ratakan. Tunggu hingga adonan keluar gelembung di permukaan adonan lalu tutup.
3.                     Tunggu sampai matang dan angkat.
4.                     Olesi martabak dengan menggunakan margarine.
5.                     Tambahkan berbagai topping sesuai keinginan.
6.                     Tambahkan dengan susu kental di permukaan martabak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar